Minggu, 16 Maret 2014

Misteri Si-Mbak-Yang-Beberapa-Minggu-Lalu-Masuk-Tribun

Selamat berminggu blops. Selamat buat diriku juga yang akhirnya dapat rehat ditengah-tengah 2 minggu terakhir yang cukup menguras tenaga ini. Ah, begitulah, jadi teringat dulu waktu SMP dan SMA, menghambur-hamburkan waktu seenaknya, sekarang justru mengais-ngais waktu luang. Begitulah manusia.

Ah sudahlah.

Oke, masuk ke topik bahasan. Misteri Si-Mbak-Yang-Beberapa-Minggu-Lalu-Masuk-Tribun.. Sebelumnya mungkin untuk mengenakkan ku dalam menulis post ini, ada baiknya -namanya- ku singkat menjadi SMYBMLMT..

SMYBMLMT adalah seseorang, seseorang yang masih menjadi mahasiswa UGM jurusan keperawatan S1. Dia cukup terkenal. Keterkenalannya disebabkan oleh prestasinya yang... tumpeh tumpeh itu. Beberapa minggu lalu, dia menjadi salah satu headline koran Tribun. Bukan apa-apa, SMYBMLMT berhasil membuat seorang presiden republik Indonesia menangis karena tersentuh oleh kisah hidupnya dalam acara gathering bidik misi (kalau tidak salah). Ya, dia mahasiswa bidik misi. Coba bayangkan betapa bangga Ibunya terhadapnya?

Pertama kali saya mengenalnya (tapi dia tidak mengenal saya... tentunya... sudah seharusnya) ketika sedang diadakan acara ospek Fakultas Teknologi Pertanian. Kala itu, SMYBMLMT mengisi segmen acara dengan judul "bagaimana menjadi mahasiswa berprestasi".

Lihatlah, bahkan sang MC ospek tidak kuasa membendung lelah ketika membacakan CV dari SMYBMLMT di depan khayalak ramai. Memang, CV nya terlalu panjang bagi manusia yang masih berumur tanggung sepertinya. Saya malu berat ketika membayangkan salah satu teman kelompok , tiba-tiba berdiri kemudian berbicara dengan lantang di hadapan khayalak ramai "Hidayat Budi Tranggana. Curiculum Vitae : lulus SD..., SMP... SMA... dengan normal. Sudah, terimakasih"... Terus saya menunggu sesuatu, berharap teman saya tadi menunjuk ke sudut-sudut auditorium sambil berkata "Lihat, disana ada kamera, disana ada kamera. Ya! anda telah masuk dalam acara... "*plak*

SMYBMLMT mengakui, dengan polosnya, bahwa dia mengikuti organisasi yang jumlahnya mencapai 8!! Sebentar, itu masih belum ditambah keikut sertaannya dalam PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa). Belum juga ketika dia menjadi calon Mapres yang pada akhirnya memang menjadi Mapres. Dan, belum termasuk ketika dia banyak diundang ke acara-acara yang bertajuk... motivasi hidup. Wow, saya bertanya-tanya, apakah dia manusia? Saya tak yakin.

Pertemuan saya dengan SMYBMLMT ternyata tak berhenti sampai di auditorium FTP. Bahkan pertemuan kali ini lebih terasa personal. Kala itu, diadakan forga ASC yang bertempat di rumah salah satu kakak angkatan TPHP 2010. Saya kaget, ternyata guest star yang digadang-gadang akan tampil sebelumnya adalah SMYBMLMT. Saya merasa terhormat. Disatu sisi juga merasa terhinakan (jika membandingkan masing-masing CV).

Saya sempat bertanya, "Apakah mbak bisa lelah dan sedih? Kalau bisa bagaimana caranya mengusir kelelahan dan kesedihan yang mbak alami?" ... Maaf sebelumnya jika saya bertanya sebegitu provokatif, tapi memang sejujurnya, saya agak ragu jika SMYBMLMT bisa lelah dan sedih. Lihatlah prestasinya, lihatlah organisasinya, lihatlah keceriaannya ketika mengisi acara. Seolah tanpa cela. Padahal manusia memiliki banyak cela.

Ternyata dia manusia. Menurut penuturannya, dia sering sekali sedih dan lelah. Ya, itu wajar, selayaknya manusia biasa. Dan juga dia memiliki resep-resepnya sendiri untuk mengusir rasa lelah juga sedih. Ah, tampaknya saya sudah mulai menarik suatu kesimpulan.

Kenapa SMYBMLMT bisa begitu? Kenapa kita-kita hanya bisa menulis di blog dan memiliki IP pun pas pasan? Apakah Tuhan menganugrahkannya kelebihan jauh melebihi kekurangannya?

Kurasa tidak.. Pada dasarnnya setiap manusia di dunia memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai takaran. Tak ada yang memiliki kelebihan maupun kekurangan berlebih. Tuhan itu maha adil.

Kurasa SMYBMLMT mempunyai kemampuan khusus dalam menutupi kekurangan dengan memaksimalkan sepenuhnya kelebihannya. Sehingga, yang terlihat di luar hanyalah prestasi. prestasi. prestasi. dan segala kelebihannya. Orang terkadang hanya menilai orang lain dari luarnya saja. SMYBMLMT pun sebenarnya memiliki perbandingan kelebihan dan kekurangan sama dengan kita. Tidak berbeda. Sesimpel itu saja. Hanya saja, kitanya yang tidak mau memaksimalkan kelebihan yang dimiliki untuk menutupi kekurangan. Terlebih sekarang ada media semacam facebook, twitter, path dll yang justru menonjolkan kekurangan kita. Percuma kita check in, upload foto makanan, update foto selfie, itu semua hanya membuat kita semakn inferior. Bukannya menjadi bangga dan superior, hal itu menimbulkan kesombongan juga pengkatalis iri hati orang lain.

Kurasa yang terakhir, kemampuan SMYBMLMT yang tidak semua orang miliki adalah kemampuan memimpin diri sendiri. Bagaimana dia bisa mengatur hidupnya yang serba sibuk itu, bagaimana dia bisa bangkit keterpurukan dan bagaimana dia bisa memotivasi orang lain agaknya tidak terlepas dari bagaimana dia mampu memimpin diri sendiri. Kemarin jumat ketika rapat PB ASC, saya sempat mendengar sesuatu yang membuat merinding, yaitu, "bagaimana bisa memimpin orang lain jika tidak bisa memimpin diri sendiri?". 

Pada akhirnya, kita bertanya pada diri sendiri "Sudahkah kita bisa memimpin diri sendiri? Ataukah kita selama ini dipimpin oleh nafsu yang menjerumuskan?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar