Senin, 13 Mei 2013

Mental Attributes

Pagi blops... pagi ini aku udah menetapkan banyak agenda... sebenarnya nggak banyak sih.. cuma dua... dan  yang satu, dipastikan panjaang sekali.. jadi aku ngerasanya banyak..

Oke, sebelum masuk ke isi post, aku cuma mau berbagi pengalaman aja. Sebenarnya bukan berbagi pengalaman sih, tapi berbagi amanat(hikmah)nya saja. Ya, kemarin itu cuma pemborosan bensin saja -__- (ceritanya, mungkin dapat dilihat dilain hari jika aku kober menulisnya). Jadi, pelajaran yang aku dapatkan dari kejadian kemarin adalah,
Setidak-tidak kau merasa bahwa mengecek hari itu penting, tetap itu merupakan suatu yang penting, penting agar bensinmu tak terbuang sia-sia, percayalah.
Next, to the post!

Kemarin, setelah kecewa berat, untuk melipur lara, seperti biasa aku menghidupkan lappy untuk bermain football manager 2012 (bagi yang belum tahu : football manager 2012 atau yang disingkat FM adalah game berbasis simulasi dimana pemainnya menjadi seorang dayadex manajer sebuah klub sepakbola. Dan FM adalah salah satu game yang terfavorit untuk aku curangi setelah The sims 3 :| ), tapi aku mulai bosan. Karena bosan, aku entah kenapa (lagi) pengen melihat attributes (semacam 'kekuatan' atau seperti penilaian kemampuanmu dengan menggunakan angka. Angkanya dimulai dari 1 sampai 20. Semakin besar angka yang kau punya, semakin 'kuat' kamu pada suatu bidang penilaian) beberapa pemain. Tapi bukan melihat technical attributes ataupun physical attributes, melainkan mental attributes. Jadi mental attributes adalah penilaian tentang mental seorang pemain. Dan aku baru sadar, tenyata dengan melihat MA (mental attributes) aku bisa melihat kepribadian masing-masing pemain. Asyik ternyata, walau gaje :|.

Setelah melihat MA beberapa pemain, kemudian aku berpikir. Bagaimana jika aku yang menjadi pemainnya? Apakah aku punya kelebihan ataukah kekurangan di MA. Setelah mengamati lagi semua bidang MA disana, aku menyimpulkan bahwa beberapa bidang di MA bisa dianalogikan di kehidupan! Dan MA merupakan salah satu cara kamu untuk menginstropeksi diri sendiri! Wow temuan yang bagus untuk 'mengenali' dirimu sendiri :)).

Jadi, apa sih bidang bidang yang dinilai dalam MA? Nih, berikut ini adalah ke empat belas bidangnya (maaf agak tidak urut):

1. Anticipation
Seberapa baik pemain dalam memprediksi dan bereaksi terhadap suatu kejadian. Dalam kehidupan tentunya dibutuhkan antisipasi (kemampuan memprediksi dan bereaksi) terhadap berbagai macam persoalan yang menimpa. Sehingga setidaknya tidak terlalu sakitlah jika terkena suatu persoalan karena kita punya antisipasi yang baik.

2. Bravery
Ya mungkin kalian sudah tahu, di kehidupan selalu dibutuhkan keberanian, entah itu keberanian mengambil keputusan, keberanian tampil di depan umum atau bahkan keberanian mendekati cewek :| .

3. Composure
Nah, ini juga penting. Composure atau ketenangan, sangat dibutuhkan ketika kita mengambil keputusan. Keputusan yang diambil saat kita tidak tenang (semacam sedang marah) mesti susah untuk mendapat manfaatnya.

4. Concentration
Konsentrasi. Belajar harus pakai konsentrasi. Semua pekerjaan butuh konsetrasi :| (Aku bingung arep omong ngopo)

5. Creativity
Perkembangan yang terjadi di dunia dewasa ini, telah menuntut orang-orang agar menggunakan inovasi dan kreativitasnya. (Tenane yat? :| )

6. Decision
Persimpangan akan selalu menemui setiap orang di kehidupan ini (bahkan aku sudah menemui salah satunya (contoh, memilih jurusan)). Nah dibutuhkan pengambilan keputusan yang tepat agar tidak terpeleset di kemudian hari.

7. Determination
Ini sangat penting, jika orang tidak punya tekad yang besar, dipastikan dia susah untuk maju. Tekad adalah senjata utama orang beriman kedua setelah berdoa (menurut Dayadex)

8. Flair
Arti flair secara harfiah adalah bakat. Dan kalau di FM adalah semacam creativity. Dan aku susah menganalogikannya di kehidupan. Jadi, mohon dimaklumi. :|

9. Influence
Adalah kemampuan orang untuk mempengaruhi orang lain. Seorang pemimpin yang baik mempunyai Influence yang baik pula. Setiap laki-laki di dunia pasti akan dituntut dan menjadi pemimpin, meski hanya sebagai pemimpin rumah tangga.

10. Off the ball
Adalah pergerakan pemain saat tidak memegang (ehm, menggiring lebih tepatnya) bola. Dan aku susah menganalogikannya.

11. Positioning
Penempatan posisi. Seperti yang aku omongkan di post post sebelumnya, bahwa setiap orang di dunia punya  perannya masing-masing yang telah diberikan oleh Tuhan. Nah tinggal bagaimana kita menempatkan diri di posisinya (perannya) masing-masing dan do the best.

12. Teamwork
Kerjasama tim. Kalau di kehidupan mungkin bagaimana berelasi dengan teman dan berorganisasi.

13. Work rate
Kerja keras. Mungkin kalian sudah tahu. Setiap orang harus punya kerja keras untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Perkecualian Cherrybelle :|.

14. Aggresion
Aggresi. Dan aku nggak tahu.

Itulah ke empat belas bidang yang ada di MA. Meski beberapa diantaranya susah dianalogikan, tapi lumayan untuk alat instropeksi diri :). Semoga post yang kubuat ini bermanfaat ya, amin :)

Sudah ya. Sudah pagi nih (lho?).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar